Home » , , » Kupas Tuntas Membedakan Batu Permata ASLI, PALSU, NATURAL, SINTETIS dan IMITASI

Kupas Tuntas Membedakan Batu Permata ASLI, PALSU, NATURAL, SINTETIS dan IMITASI

Banyak sekali jenis jenis batu batu cantik di Indonesia karena memiliki  pangsa pasar yang cukup besar sebagai aceories dan kepentingan lainnya hingga ritual, misalnya batu aji, permata, mustika dan berbagai ragam batu mulia lainnya yang terkenal yang dipasarkan di Indonesia  baik dari dalam negeri maupun negara lain  sebagai jenis batu-batu import misalnya dari  Burma, Kolombia, Srilanka, Thailand dan Rusia. Karena batu aji sebagai batu mulia yang banyak di gemari orang, maka tidak sedikit para pengrajin nakal membuat tiruan atau imitasi tentang berbagai macam batu aji dengan bentuk yang lebih menarik. Namun secara umum agar anda tidak tertipu tentang kritiria dalam membeli batu aji atau jenis batu yang lainnya anda bisa mempelajari tips dan trik dari IMDA Handiraft yang didukung oleh  team makrifat business berikut ini :
  1. Batu asli selalu lebih berat dengan corak yang khas
  2. Batu asli jika di goreskan pada kaca maka yang tergores adalah kacanya sedang batu palsu, sintetis atau palsu tidak akan bisa menggores kaca. kecuali dalam hal ini batu asli yang diolah atau di lebur dengan tehnik tertentu masih bisa menggores kaca.  
  3. Batu permata asli dapt di testing dengan menempelkan permata itu ke pipi anda. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa merupakan satu ciri bahwa permata anda itu asli
  4. Batu permata Asli diketahui dengan melihat serat-serat di dalamnya, karena dengan mengetahui serat-serat inilah yang merupakan ciri khusus batu.  
  5. Batu asli itu ciri ciri utamanya adalah adanya serat serat didalam batu berbentuk pecah dan retak tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu permata alam yang bersih tanpa serat kecuali yang palsu.
  6. Batu alam dan asli biasanya selalu memiliki cahaya khusus dan kilau yang khusus pula, seperti banyaknya cahaya dan warna, tetapi para pemalsu saat ini sudah ada yang bisa meniru model seperti ini. 
  7. Misalnya untuk mengetahui ciri ciri batu asli safir dan ruby kita dapat melihat pada serat-serat batu safir akan kelihatan seperti sidik jari. Ciri ini yang biasanya untuk menentukan batu asli safir atau Ruby. Dengan melihat fenomena yang ada pada batu permata misalnya Star atau Bintangnya, biasanya pada batu safir atau ruby terdapat star yang jelas, hal ini biasanya dinamakan Fenomena safir
  8. Untuk membedakan batu asli atau palsu , perlu diketahui juga  bahwa di pasaran banyak beredar istilah  batu Permata dengan nama  Natural (asli alami batu) , Sintetis batu yang di olah dg tehnik tertentu  dan Imitasi (batu tiruan dan bahan bahan  tertentu).
  9. Batu natural adalah batu permata yang terbuat secara alami oleh Alam, batu ini diperoleh secara alami kemudian dibentuk sebagai batu permata. 
  10. Batu sintetis adalah batu permata yang dibuat secara Laboratorium, bahan materialnya sama dengan batu yang Natural atau origin. Berat jenis maupun karakteristik fisik nya sama. Ada juga batu Sintetis yang beraal batu Natural yang kurang bagus kemudian dilebur dipadatkan lagi menjadi batu permata. 
  11. Batu imitasi adalah batu yang berbeda sama sekali dengan yang Asli, batu ini hanya tiruan saja. misalnya meniru warnanya, coraknya, bentuk dan segala model. Jenis batu ini kadang-kadang juga terbuat dari plastik, tulang, kimia, resin, serbuk batu, limbah besi dll. 
CIRI CIRI KHUSUS BATU SINTETIS (olahan antara batu asli dengan bahan lainnya) :
  1. Bahwa biasanya batu sintetis akan tergores atau lecet jika terjatuh atau di gesekan dengan benda keras lainnya.
  2. Bahwa batu sintetis biasanya di buat karena adanya bahan serpihan atau serbuk dari jenis batu asli yang banyak, sehingga oleh pengrajin di olah untuk dijadikan batu yang serupa.
  3. Bahwa batu sintetis biasanya di pasaran di jual dengan harga jauh lebih ekonomis
  4. Bahwa batu sintetis itu terasa lebih ringan jika dibandingkan dengan batu sejenis dalam ukuran yang sama
  5. Bahwa dalam tekanan tertentutidak timbul percikan api saat diadu dengan batu akik asli lainnya.
  6. Bahwa batu sintetis biasanya akan ada perubahan jika dibakar dengan api, tetapi saat ini banyak beredar batu sintetis jika dibakar dengan tingkat panas derajat yang biasa seperti korek api /gas tidak akan mengalami perubahan warna, karena proses penggarapan yang sudha lebih baik, tetapi jika dalam panas derajat yang lebih akan lebur juga.
  7. Bahwa batu sintetis itu bening seperti kaca, tidak terlihat serat-serat di dalamnya.
  8. Bahwa batu sintetis per dites  dengan cara meneteskan air di atasnya maka biasanya akan buram atau tetap, tetapi jika batu asli warna akan cenderung lebih terang dan cemerlang.

BERSAMBUNG ........ 
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © Nopember 2010. KAMPUNG WISATA CRAFT JEMBER Edukatif Riset Marketting Multi Craft Etnik Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by M Imron Pribadi Published by Makrifat Business Online - Offline
Proudly powered by imronpribadi