SELAMAT DATANG
Selamat datanf di lapak MAKRIFATBUSINESS untuk order bisa melalui marketipace Shopee Tokopedia Bukalapak Lazada dengan nama lapak makrifatbusiness atau order via WA 08123489038 email : imronpribadi1972@gmail.com

Cari Disini

Sabtu, 09 Juli 2011

KAYU BERTUAH : POHON GENITRI,


sumber data : http://forplan.or.id

GANITRI (ELAOCARPUS SPHAERICARPUS SCHUM AND E. GANITRI) POHON SERBAGUNA YANG POTENSIAL DI HUTAN RAKYAT
GANITRI (ELAOCARPUS SPHAERICARPUS SCHUM AND E. GANITRI) POHON SERBAGUNA YANG POTENSIAL DI HUTAN RAKYAT
Oleh
Encep Rachman (Balai Penelitian Kehutanan Ciamis)
Tati Rostiwati dan Sofwan Bustomi (Pusat Litbang Hutan Tanaman)

Pendahuluan
Ganitri (Elaocarpus sphaericarpus Schum and E. ganitri) adalah salah satu jenis yang potensial dikembangkan di hutan rakyat, khususnya di Jawa Barat dan Jawa Tengah.  Jenis ini dikelompokkan kedalam jenis cepat tumbuh, secara alam mudah ditemukan dan tidak membutuhkan tempat hidup yang spesifik.
Kayu Ganitri selain selain digunakan sebagai bahan baku industri gitar dan piano juga digunakan untuk bahan konstruksi bangunan.  Keberagaman dan keunikan ukuran dan bentuk biji menjadikan biji jenis Ganitri digunakan sebagai bahan perhiasan (tasbih) dan upacara keagamaan serta bahan baku obat, khususnya di Hindustan. Nilai jual biji ditentukan oleh besar kecilnya biji, semakin kecil biji harga jualnya semakin mahal.
Oleh karena itu untuk memperoleh buah yang ukurannya kecil masyarakat melakukan peneresan batang pohon. Perlakuan peneresan harus tepat waktu, biasanya dlakukan pada saat  bunga sudah muncul akan tetapi sebelum bunga mekar.  Peneresan dilakukan dengan menyayat kulit  melingkar batang pohon, tepatnya pada  setiap pangkal  percabangan batang pohon,
Menurut beberapa sumber ekspor biji Ganitri ke India cukup menjanjikan, namun sampai saat ini informasi tentang teknologi budidaya yang tepat dan tata niaga sangat terbatas. Ganitri yang terdapat di Kertamukti (kampung Cireuma), Ciamis, Jawa Barat ditanam 40 tahun yang lalu, oleh orang-orang Kebumen yang hijrah ke lokasi tersebut.  Penanaman  ganitri belum dilakukan dengan skala usaha. Ganitri pada lahan masyarakat bercampur dengan sengon, akasia, kopi, kelapa, durian dan buah-buahan lainnya.
Pengenalan Jenis
Diameter pohon Ganitri dapat mencapai 30 cm  – 42 cm dengan tinggi  total berkisar antara 18 - 24 meter. Masa berbunga Ganitri di Nagreg (Jawa Barat) mulai pada bulan Oktober  sampai Desember,  muncul buah muda pada bulan Januari dan buah masak pada bulan  Maret (ciri buah berwarna biru).  Buah berjatuhan biasanya pada bulan April sampai akhir Mei.  Oleh karena itu pengunduhan atau pegumpulan buah  di daerah Nagreg sebaikya dilakukan pada pertengahan bulan April sampai dengan awal bulan Mei. 

Pembibitan
Pembibitan Ganitri yang telah dilakukan oleh masyarakat adalah dengan cara okulasi.  Cara ini dilakukan untuk memperoleh pohon induk dengan produksi buah berukuran kecil.  Karena   materi tanaman  yang memproduksi buah berukuran kecil berasal dari daerah Kebumen  maka perlakuan okulasi sendiri dilakukan di Kebumen.  Jadi penduduk kampung Cireuma hanya membawa anakan (lokal) untuk diokulasi di Kebumen, selanjutnya  dibawa kembali untuk  penyapihan dan pemeliharaan di pesemaian. Harga bibit hasil okulasi bisa mencapai Rp. 100. 000 per tanaman, dengan ukuran tinggi 50 – 75 cm.


Gambar 1. Pohon Ganitri yang disayat pada pangkal batang (dokumen: Rahman, 2008).
Gambar 2. Ganitri hasil okulasi  umur 1 tahun tinggi 175 cm

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini jika mau oder, saran, kritik membangun, komplain, sumbang sich pemikiran dll, tapi mohon maaf pihak management Makrifat Business melakukan moderasi setiap komentar yang masuk

Item Reviewed: KAYU BERTUAH : POHON GENITRI, Rating: 5 Reviewed By: M Imron Pribadi