SELAMAT DATANG
Selamat datanf di lapak MAKRIFATBUSINESS untuk order bisa melalui marketipace Shopee Tokopedia Bukalapak Lazada dengan nama lapak makrifatbusiness atau order via WA 08123489038 email : imronpribadi1972@gmail.com

Cari Disini

Kamis, 19 Januari 2012

Tasbih Muslim Kayu ULIN Asli Kalimantan Ukuran 99 Biji Diameter 10 mm persembahan team MAKRIFAT BUSINESS desa TUTUL Balung Jember Jawa Timur

   Tasbih Muslim Kayu ULIN Asli Kalimantan Ukuran 99 Biji Diameter 10 mm persembahan team MAKRIFAT BUSINESS desa TUTUL Balung Jember Jawa Timur ini kami jual dengan harga


@ Rp. 250,000-/Pcs
(harga belum termasuk ongkos kirim)
KODE PRODUK : TKU09910

MELAYANI HARGA ECERAN, PRESELLER, GROSIR DAN AGEN, KAMI ADALAH EXCELLENCE SERVICE BERAPAPUN ORDERAN AKAN KAMI KIRIM


 Sumber artikel dikutip dari  website Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

?Ulin
Eusideroxylon zwageri.JPG
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:Plantae
(tidak termasuk)Magnoliids
Ordo:Laurales
Famili:Lauraceae
Genus:Eusideroxylon
Spesies:E. zwageri
Nama binomial
Eusideroxylon zwageri
Teysm. & Binnend.
Ulin atau disebut juga dengan bulian atau kayu besi adalah pohon berkayu dan merupakan tanaman khas Kalimantan. Kayu ulin terutama dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, seperti konstruksi rumah, jembatan, tiang listrik, dan perkapalan. Ulin merupakan salah satu jenis kayu hutan tropika basah yang tumbuh secara alami di wilayah Sumatera bagian selatan dan Kalimantan.

Morfologi

Ulin termasuk jenis pohon besar yang tingginya dapat mencapai 50 m dengan diameter sampai 120 cm . Pohon ini tumbuh pada dataran rendah sampai ketinggian 400 m.[3] Ulin umumnya tumbuh pada ketinggian 5 – 400 m di atas permukaan laut dengan medan datar sampai miring, tumbuh terpencar atau mengelompok dalam hutan campuran namun sangat jarang dijumpai di habitat rawa-rawa.Kayu Ulin juga tahan terhadap perubahan suhu, kelembaban, dan pengaruh air laut sehingga sifat kayunya sangat berat dan keras Pohon ulin agak terpisah dari pepohonan lain dan dikelilingi jalur jalan melingkar dari kayu ulin. Di bagian bawah pohon ulin terdapat bagian yang berlobang.





Pemuliaan

Proses pemuliaan alami di hutan bekas tebangan umumnya kurang berjalan dengan baik.[Perkecambahan biji Ulin membutuhkan waktu cukup lama sekitar 6-12 bulan dengan persentase keberhasilan relatif rendah, produksi buah tiap pohon umumnya juga sedikit. Penyebaran permudaan alam secara umum cenderung mengelompok.  Ulin tumbuh di dataran rendah primer dan hutan sekunder sampai dengan ketinggian 500m. Biji ulin lebih suka ditiriskan baik tanah, tanah liat berpasir ke tanah liat, kadang-kadang batu kapur. Hal ini umumnya ditemukan di sepanjang sungai dan bukit-bukit yang berdekatan. Hal ini membutuhkan rata-rata curah hujan tahunan 2500-4000 mm.
sumber artikel : http://www.vivaborneo.com
 Keberadaan jenis kayu khas Kalimantan yang dikenal sebagai kayu Ulin atau kayu besi (Eusideroxylon zwageri) belakangan ini kian langka dan sulit diperoleh di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) dan Selatan (Kalsel). Kalaupun ada harganya melambung sangat mahal dan tidak ekonomis lagi untuk setiap keperluan.



Di Kalsel berdasarkan keterangan yang ia peroleh kayu ulin tersebut, berasal dari tebangan lama di wilayah Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu, serta Kabupaten Kotabaru atau wlayah pesisir Timur Kalsel.
Sementara itu, kayu ulin di Kaltim diperoleh dari pedalaman Kabupaten Kutai Kartanegara, Kab. Kutai Barat dan Kab. Kutai Timur. Selebihnya kayu ulin dipasok dari hutan pinggiran kota Samarinda.


 Populasi kayu ulin di Kalimantan memang masih sangat banyak, walaupun terjadi pengurangan jumlah akibat tebangan legal dan tebangan liar yang sangat cepat pula. Kelangkaan kayu ulin di pasaran disebabkan pemerintah SBY-JK yang mencanangkan program pemberantasan illegal logging di seluruh Indonesia.
Berdasarkan catatan, kayu ulin merupakan salah satu jenis kayu hutan tropika basah yang tumbuh secara alami di wilayah Sumatera Bagian Selatan dan Kalimantan. Jenis ini dikenal dengan nama daerah ulin, bulian, bulian rambai, onglen, belian, tabulin dan telian.
Pohon ulin termasuk jenis pohon besar yang tingginya dapat mencapai 50 m dengan diameter sampai 120 cm, bertekstur sangat keras serta dapat tumbuh pada dataran rendah sampai ketinggian 400 m.


Berdasarkan catatan, kayu ulin merupakan salah satu jenis kayu hutan tropika basah yang tumbuh secara alami di wilayah Sumatera Bagian Selatan dan Kalimantan. Jenis ini dikenal dengan nama daerah ulin, bulian, bulian rambai, onglen, belian, tabulin dan telian.
Pohon ulin termasuk jenis pohon besar yang tingginya dapat mencapai 50 m dengan diameter sampai 120 cm, bertekstur sangat keras serta dapat tumbuh pada dataran rendah sampai ketinggian 400 m.



  Kayu ulin banyak digunakan sebagai konstruksi bangunan berupa tiang bangunan, atap kayu (sirap), papan lantai, kosen pintu dan jendela, bahan untuk banguan jembatan, bantalan kereta api dan kegunaan lain yang memerlukan sifat-sifat khusus awet dan kuat.
Ulin ternyata tak sekadar bernilai ekonomis tinggi dari nilai kayunya. Lebih dari itu, kayu khas hutan tropis di Kalimantan bernama latin eusideroxylon zwagery ini juga dapat dijadikan sebagai pohon obat.
 Manfaat ganda kayu ulin tersebut diutarakan Staf Ahli Bidang Ekonomi Menhut Ir Indriastuti MS. “Ulin termasuk jenis tanaman obat,” ungkapnya di hadapan kalangan pejabat Dinas Kehutanan Tala dan peserta Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Kelompoktani Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), Rabu (16/7)di Kalsel.
Indriastuti menyebutkan, ada tiga jenis bagian dari kayu ulin yang bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan yaitu daun muda, esktrak biji, dan buahnya.
Sementara itu, bagi pengrajin batu perhiasan, ternyata kayu ulin yang telah membatu dapat diasah menjadi perhiasan yang tidak kalah dengan batu-batu yang telah dikenal.
 Di Samarinda, ada pengrajin yang rajin keluar-masuk hutan untuk mencari fossil kayu ulin ini untuk diasah menjadi berbagai macam perhiasan.
“Tekstur dan guratan kayu ulin lebih eksotis dibandingkan dengan batu permata, kelebihan lainnya, bahan baku batu kayu ulin mudah didapat dan lebih ringan dalam pengerjaannya,” ujar Pak Umar.
Pak Umar yang sering mengikuti setiap expo ini mengatakan bahwa harga jual hasil olahan batu kayu ulin ini juga relative lebih murah. Satu buah cincin laki-laki harganya berkisar antaara Rp. 35.000 hingga Rp. 1 juta.(vb-01/hz)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini jika mau oder, saran, kritik membangun, komplain, sumbang sich pemikiran dll, tapi mohon maaf pihak management Makrifat Business melakukan moderasi setiap komentar yang masuk

Item Reviewed: Tasbih Muslim Kayu ULIN Asli Kalimantan Ukuran 99 Biji Diameter 10 mm persembahan team MAKRIFAT BUSINESS desa TUTUL Balung Jember Jawa Timur Rating: 5 Reviewed By: M Imron Pribadi