SELAMAT DATANG
Selamat datanf di lapak MAKRIFATBUSINESS untuk order bisa melalui marketipace Shopee Tokopedia Bukalapak Lazada dengan nama lapak makrifatbusiness atau order via WA 08123489038 email : imronpribadi1972@gmail.com

Cari Disini

Minggu, 21 Juli 2013

Kayu Bertuah : Jati Luwih

Selamat datang  Salam "makrifat business" untuk kita semua. Kali ini kami sajikan informasi seputar kayu bertuah "Jati Luwih" jenis kayu ini oleh  team IMDA Handicraft sudah disajikan dalam bentuk berbaga ragam Tasbih, Kalung, Cincin. Keris, Tongkat, Acecories, Pipa Rokok, Sabuk, namun karena bahan baku yang sangat langka, maka kami masih mengeluarkan produk dalam kategori limited edition.

Jadi Jati Luwih berasal dari kata "Jati" dan "Keluwih" yang merupakan dua pohon yang berbeda, dikatakan seperti itu karena batangnya adalah Pohon Jati, tetapi daunnya berlekuk seperti daun Pohon Keluwih. Pohon Jati Luwih secara biologis termasuk species ini masuk dalam genus Tectona yaitu masuk dalam keluarga jenis kayu sama dengan Pohon Jati pada umumnya..

Jenis kayu ini karena keunikannya sehingga disebut kayu bertuah karena seara ilmiahnya pohon kayu jati luwih dengan proses adaptasi alam dengan lingkungan sehingga terjadi metamorfosa genetik. Yaitu terjadinya perbedaan species  yang mencolok pada daunnya yang berlekuk seperti daun pohon keluwih. Karena faktor perbedaan dengan jati pada umumnya, maka tidak heran oleh para ahli supranatural disebut sebagai pohon atau kayu jati kluwih /luwih.

Pohon Jati Luwih saat ini sudah sangat langka, biasanya sering terdapat dan selalu berada tumbuhnya ditempat keramat, makam tua, makam raja raja, tempat petilasan dll dan sudah diyakini banyak masyarakat jawa khususnya  mempunyai daya potensi supernatural yang sangat tinggi dan jika dimakrifati karena Allah swt jenis kayu ini dapat  berguna untuk :
  1. Melancarkan rejeki dalam segala aktifitas
  2.  Kewibawaan serta keselamatan di segala perjalanan dan keadaan apapun.
  3. Menolak santet, guna-guna, magic, gendam, kesurupan dll
  4. Meningkatkan  tingkat derajat bagi para pemakainya yang ber iktikad baik karena Allah swt.


Gambar disamping ini adalah sebuah foto pohon jati luwih yang kami kutip dari http://selang-village.blogspot.com yaitu sebuah pohon keramat yang terletak di desa selang kecamatan wonosari. Warga sekitar mempercayai bahwa pohon keramat tersebut sebagai sang "mbaurekso Desa Selang". Asal usul dari pohon keramat ini masih belum tahu secara pasti, karena memang masih simpang siur. 

Yang jelas masyarakat sekitar sangat mempercayai bahwa pohon tersebut adalah peninggalan leluhur mereka yang wajib mereka jaga dan pelihara. Oleh karena itu setiap desa kami mengadakan kegiatan bersih dusun penghormatan terhadap pohon keramat itupun dilakukan. Biasanya Tetua kampung melakukan ritual didepan pohon dengan membakar kemenyan dan doa doa khusus kepada "sang mbaurekso". Agar desa kami dijauhi dari marabahaya dan bencana. agar hasil panen melimpah ruah dan bisa diandalkan. 

Pohon kayu bertuah jenis apapun sebenarnya disebut bertuah memang oleh Allah swt pohon tersebut diberi kelebihan khusus, sebenarnya yang bertuah itu adalah kekuatan dan kebesaran Allah swt hanya saja melalui perantara ciptaannnya. Jika kita salah dalam memperayai atau mengimani hal ini maka kita akan bisa terjerumus pada prosesi kesyirikan yang nyata. Semoga kita semua selalu dan bisa mensyukuri atas kekuasaanNya dan segala sesuatu kelebihan pada ciptaaNya yang terdapat pada semua jenis kayu dan pohon bertuah.

sumber artikel :
kertabaya.blogspot.com
victor-adhitya.blogspot.com
aghnaaflahabadi.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini jika mau oder, saran, kritik membangun, komplain, sumbang sich pemikiran dll, tapi mohon maaf pihak management Makrifat Business melakukan moderasi setiap komentar yang masuk

Item Reviewed: Kayu Bertuah : Jati Luwih Rating: 5 Reviewed By: M Imron Pribadi