SELAMAT DATANG
Selamat datanf di lapak MAKRIFATBUSINESS untuk order bisa melalui marketipace Shopee Tokopedia Bukalapak Lazada dengan nama lapak makrifatbusiness atau order via WA 08123489038 email : imronpribadi1972@gmail.com

Cari Disini

Kamis, 14 April 2011

Tasbih Kolang Kaling atau Kokka palsu @ Rp. 65,000,-

Buah ini kolang-kaling sering disebut juga buah atap. Nama latinnya Arenga pinnata. Mungkin karena nama latinnya ada kata kata aren, maka sering pohonnya disebut pohon aren . Yang dipanen dari pohon aren  atau  kolang-kaling itu juga tuak alias cairan sadapan dari bunganya. Biasanya cairan aren ini dimasak jadi gula merah.

Kolang-kaling sendiri dipanen saat buah aren ini sudah tua. Kalau mau memprosesnya hati-hati karena getah buah ini bikin gatal. Para petani biasanya membakar dulu buah ini baru dikupas satu persatu. 
Dalam 1 aren atap terdapat rata-rata 3 mata kolang-kaling. Setelah dikupas, biasanya kolang-kaling ini harus direbus dan direndam dulu dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan, baru bisa dikonsumsi.
Kolang-kaling ini memiliki serat kasar tinggi, makanya pas untuk asupan mereka yang mau diet. Kadar airnya mencapai 93,8% dalam setiap 100 gram-nya. Kolang kaling juga mengandung 0,69 gram protein, empat gram karbohidrat, serta kadar abu sekitar satu gram dan serat kasar 0,95 gram.

Kandungan karbohidrat kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengkonsumsinya, selain itu juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun. Belum lagi manfaatnya untuk membantu memperlancar kerja saluran cerna manusia. Pokoknya pas lah buat diet.
Untuk mengkonsumsinya sih mudah saja tinggal m merebus dan campurkan pada es campur dan  langsung sidah siap dikonsumsi. Atau kalau pas puasa nanti, buatlah jadi Manisan kolang-kaling. Simpan di kulkas dan sajikan dingin. Pasti menu yang satu ini tidak pernah ketinggalan dari mereka yang biasanya menjalani ibadah puasa.
Namun dalam sajian menu kali ini proses hampir sama dengan proses pembakaran namun tidaklah terlalu gosong atau matang sehingga cukup dipanasin sekedarnya dan selajuntnya dilakukan penjemuran yang stabil. nach disinilah buah aren atau kolang kaling ini akan menjadi sebuah untaian tasbih yang sangat kuat dan keras sekali. 
sumber : langsungenak.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini jika mau oder, saran, kritik membangun, komplain, sumbang sich pemikiran dll, tapi mohon maaf pihak management Makrifat Business melakukan moderasi setiap komentar yang masuk

Item Reviewed: Tasbih Kolang Kaling atau Kokka palsu @ Rp. 65,000,- Rating: 5 Reviewed By: M Imron Pribadi