SELAMAT DATANG
Selamat datanf di lapak MAKRIFATBUSINESS untuk order bisa melalui marketipace Shopee Tokopedia Bukalapak Lazada dengan nama lapak makrifatbusiness atau order via WA 08123489038 email : imronpribadi1972@gmail.com

Cari Disini

Jumat, 06 Mei 2011

AWASSSS!!!!!!!!!! Tasbih Jambu Klutuk Sering dipalsukan sebagai tasbih NOGOSARI, berikut kami jelaskan fungsi dan khasiat yang dapat dipetik dari jambu klutuk




JAMBU KLUTUK DALAM BAHASA LATINNYA (Psidium guajava) BANYAK FUNGSI DAN KHASIAT DARI BUAHNYA, DAUNNYA SEBAGAI OBAT HERBAL YANG SUDAH TERKENAL, TERNYATA KAYUNYA SUNGGUH SANGAT KUAT DAN MEMILIKI SERAT YANG SANGAT HALUS, JIKA TIDAK PEKA GALI JAMBU KLUTUK GUNUNG SERING DIPALSUKAN SEBAGAI TASBIH DARI KAYU NOGOSARI, STIGI LAUT DAN JENIS KAYU LAINNNYA. KARENA GALI JAMBU KLUTUK SEBAGIAN BESAR JUGA TENGGELAM.

Jambu Biji (Psidium guajava) tersebar meluas sampai ke Asia Tenggara termasuk Indonesia, sampai Asia Selatan, India dan Srilangka. Jambu biji termasuk tanaman perdu dan memiliki banyak cabang dan ranting; batang pohonnya keras. Permukaan kulit luar pohon jambu biji berwarna coklat dan licin. Apabila kulit kayu jambu biji tersebut dikelupas, akan terlihat permukaan batang kayunya basah. Bentuk daunnya umumnya bercorak bulat telur dengan ukuran yang agak besar. Bunganya kecil-kecil berwarna putih dan muncul dari balik ketiak daun. Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai pada ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut. Pada umur 2-3 tahun jambu biji sudah mulai berbuah. Bijinya banyak dan terdapat pada daging buahnya.

Jambu klutuk memiliki nama nama lain disetiap daerah misalnya Psidium guajava (Inggris/Belanda), Jambu Biji (Indonesia); Jambu klutuk, Bayawas, tetokal, Tokal (Jawa); Jambu klutuk, Jambu Batu (Sunda), Jambu bender (Madura);
Menurut sejumlah literatur yang membahas obat-obatan tradisional tanaman herbal, dimana  potensi obat tumbuhan jambu klutuk memang sangat lengkap dari sisi fungsi dan khasiatnya. Bukan hanya daunnya yang kaya zat-zat penyembuh tetapi juga buah, bunga, dan kulit batangnya sangat berkhasiat, dan bahkan akarnyapun disinyalir juga berkhasiat untuk penyakit tertentu dengan direbus.
Jambu biji (Psidium guajava) memang diketahui memiliki sejumlah zat aktif yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat, terutama  Buah, daun dan kulit batang pohon jambu biji mengandung tanin, sedang pada bunganya tidak banyak mengandung tanin. Daun jambu biji juga mengandung zat lain kecuali tanin, seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin. Kandungan buah jambu biji (100 gr) - Kalori 49 kal - Vitamin A 25 SI - Vitamin B1 0,02 mg - Vitamin C 87 mg - Kalsium 14 mg - Hidrat Arang 12,2 gram - Fosfor 28 mg - Besi 1,1 mg - Protein 0,9 mg - Lemak 0,3 gram - Air 86 gram
BERIKUT INI KAMI SAJIKAN DAFTAR HARGA TASBIH TERBUAT DARI KAYU JAMBU KLUTUK YANG KUAT DAN MEMILIKI TEKTUR SEPERTI KAYU NOGOSARI DAN GALI STIGI LAUT, ADA HARGA KODIAN DAN HARGA ECERAN.

CODE
NAMA PRODUK
@KODI
ECERAN
TJK00997
Tasbih Jambu Klutuk 99+7 mm
         3.500
         5.250
TJK00998
Tasbih Jambu Klutuk 99+8 mm
         4.000
         6.000
TJK00999
Tasbih Jambu Klutuk 99+9 mm
         5.000
         7.500
TJK09910
Tasbih Jambu Klutuk 99+10 mm
         6.000
         9.000
TJK09912
Tasbih Jambu Klutuk 99+12 mm
         8.000
       12.000
TJK09915
Tasbih Jambu Klutuk 99+15 mm
       12.000
       18.000


Akar dan kulit batang jambu klutuk
 dapat digunakan sebagai decoct atau infusum, obat diare, atau gastroenteritis (radang selaput lendir lambung dan usus) terutama pada anak-anak. Selain itu, batangnya bisa juga digunakan sebagai obat sariawan. Bahkan di pedesaan, seduhan campuran daun jambu biji dengan daun sirih, kerap digunakan untuk mencuci lubang senggama agar tidak gatal-gatal karena bakteri.
Di Cina dan Asia Tenggara sendiri, jambu klutuk alias guajava, terutama daunnya, sudah sejak lama dikenal sebagai obat. Mulai obat penyembuh radang usus besar, menghilangkan infeksi, penyembuh diare, disentri, sampai obat untuk menghentikan perdarahan. Bahkan di pedesaan, tumbukan daun jambu biji lazim juga digunakan sebagai obat luka karena cidera, luka karena perdarahan, serta bisul-bisul.


Berikut ini fungsi dan beberapa kegunaan serta cara menggunakannya khasiat dari jambu klutuk :
1. Diabetes Mellitus
Bahan: 1 buah jambu biji setengah masakCara membuat: buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan  direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk  diambil airnya.Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore
2. Maag
 Bahan: 8 lembar daun jambu biji yang masih segar.Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih,  kemudian disaring untuk diambil airnya.Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.
3. Sakit Perut (Diare dan Mencret)
Bahan: 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnyaCara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnyaCara menggunakan: diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
4. Sakit Perut atau Diare pada bayi yang masih menyusui
Bahan: jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya.Cara menggunakan: dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut,  airnya ditelan dan ampasnya dibuang.
5. Masuk Angin
 Bahan: 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai  merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya.Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.
6. Beser (sering kencing) 
 Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubukberas yang digoreng tanpa minyak (sangan = Jawa).Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5  gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring.Cara menggunakan: diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.
7. Prolapsisani
Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya.Cara menggunakan: air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada  bayi.
8. Sariawan
Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji.Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih,  kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.
9. Sakit Kulit
 Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga   jambu biji. Cara membuat: ditumbuk bersama-sama sampai halus Cara menggunakan: untuk menggosok bagian kulit yang sakit.
10. Obat luka baru
 Bahan: 3 pucuk daun jambu biji.Cara membuat: dikunyah sampai lembut. Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar  tidak mengelurkan darah terus menerus.

Terakhir, sekadar informasi, puluhan pakar dari sebuah Fakultas Kedokteran di Taipei dua ta-hun terakhir ini tengah bergelut mencari dan mengembangkan senyawa aktif yang dapat menghambat perkembangan HIV. Prof. Yang Ling Ling, ketua tim peneliti tersebut menyatakan, timnya telah menemukan senyawa flavonoid dari beberapa tanaman yang dapat menghambat perkembangan HIV. Salah satunya, ya si guajava atau buah jambu klutuk.

Sumber: 

http://berkebun-yuuk.blogspot.com,

 http://www.iptek.net.id


http://ditbuah.hortikultura.go.id//index.php?option=com_content&task=view&id=48&Itemid=1)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini jika mau oder, saran, kritik membangun, komplain, sumbang sich pemikiran dll, tapi mohon maaf pihak management Makrifat Business melakukan moderasi setiap komentar yang masuk

Item Reviewed: AWASSSS!!!!!!!!!! Tasbih Jambu Klutuk Sering dipalsukan sebagai tasbih NOGOSARI, berikut kami jelaskan fungsi dan khasiat yang dapat dipetik dari jambu klutuk Rating: 5 Reviewed By: M Imron Pribadi