SELAMAT DATANG
Selamat datanf di lapak MAKRIFATBUSINESS untuk order bisa melalui marketipace Shopee Tokopedia Bukalapak Lazada dengan nama lapak makrifatbusiness atau order via WA 08123489038 email : imronpribadi1972@gmail.com

Cari Disini

Minggu, 20 Januari 2013

Muhaimin Iskandar Canangkan Desa Produktif di Jember


Muhaimin Iskandar Canangkan Desa Produktif di Jember

Muhaimin Iskandar Canangkan Desa Produktif di Jember
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar berdialog dengan perajin di Desa Tutul, Balung, Jember, Jawa Timur, Sabtu (19/1). ANTARA/Seno S.
TEMPO.COJember - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, Sabtu, 19 Januari 2012, mencanangkan Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, sebagai desa produktif. "Desa Tutul merupakan bagian dari 132 desa produktif yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia," kata Muhaimin. 

Menurut Muhaimin, desa produktif adalah desa yang masyarakatnya memiliki kemauan dan kemampuan memanfaatkan secara kreatif dan inovatif seluruh potensi sumberdaya yang dimiliki untuk meningkatkan produktivitas pedesaan. Dengan begitu, tercipta kesempatan kerja baru sehingga dapat mencegah terjadinya urbanisasi dari desa ke kota. 

Muhaimin mengatakan, program unggulan yang dikembangkan di desa produktif meliputi pelatihan teknis dan manajerial tenaga kerja, padat karya produktif, pemagangan, teknologi tepat guna dan pelatihan usaha mandiri (wirausaha), pendampingan serta pelatihan lainnya yang disesuaikan dengan minat, bakat, dan potensi desa. 

Pola pengembangan yang dibidik adalah pembentukan desa perkebunan, desa persawahan, desa industri kecil dan kerajinan, serta desa perdagangan dan jasa,” ujar Muhaimin. 

Adapun kriteria untuk bisa menjadi desa produktif, di antaranya membutuhkan adanya komitmen dari masyarakat dan aparat desa, memiliki potensi sumber daya ekonomi, adanya akses informasi dan pemasaran produk serta ketersediaan infrastruktur jalan, air dan listrik. 

Desa Tutul berpenduduk 9.989 jiwa, tanpa seorang pun yang menganggur. Penghasilan utamanya berupa kerajinan tangan (handycraft), seperti kalung, gelang, tasbih, alat – alat music, serta beragam jenis barang kerajinan lainnya. Jumlah pengrajin 1.054 orang. ”Selain itu, sebagian kecil warga juga berusaha di bidang peternakan, makanan dan minuman," ucap Kepala Desa Tutul, Nyonya Djuanah. 

Tahun 2011, rata-rata penghasilan warga Desa Tutul Rp 5.400.000 per orang per bulan, kemudian naik menjadi Rp 5.600.000 per orang per bulan pada 2012. 

MAHBUB DJUNAIDY

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini jika mau oder, saran, kritik membangun, komplain, sumbang sich pemikiran dll, tapi mohon maaf pihak management Makrifat Business melakukan moderasi setiap komentar yang masuk

Item Reviewed: Muhaimin Iskandar Canangkan Desa Produktif di Jember Rating: 5 Reviewed By: M Imron Pribadi